Login


Email | Recover Password
 

Tips membeli rumah second

Tips membeli rumah secondary-realtyrumah

Membeli rumah second merupakan salah satu alternatif untuk memiliki hunian, tetapi rumah second pun punya kelebihan dan kekurangnnya, salah satu kelebihannya yaitu harganya yang lebih murah dari pada harus membeli atau membuat rumah baru, dan kekurangannya adalah, yang namanya barang second pasti ada “cacat”nya yang harus di perbaiki dan pasti akan membuat biaya tambahan lagi untuk renovasi.

Simak beberapa tips berikut jika Anda ingin membeli rumah second :

  1. Siapkan dananya.
  2. Tentukan target rumah yang ingin Anda beli, apakah ingin rumah dengan 1 lantai atau 2 lantai.
  3. Cari tahu harga pasaran rumah di lingkungan sekitar, hal ini bertujuan agar anda tidak “tertipu” saat membeli rumah tersebut.
  4. Cek lingkungan sekitar rumah, apakah rawan kejahatan atau tidak, tetangga nya ramah atau tidak dsb, karena rumah tersebut akan kita miliki dan akan jadi tempat tinggal keluarga kita jadi hal ini tidak boleh dianggap remeh.
  5. Jika 4 point di atas sudah ok, baru datangi pemilik/broker rumahnya. Jika Anda menggunakan jasa broker, pilihlah broker terpercaya, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
  6. Tanyakan usia bangunannya apabila terlalu tua bukan hal yang tidak mungkin jika Anda akan mengeluarkan biaya lagi untuk renovasi, cek juga kondisi rumah secara detail, mulai dari dinding rumah, lantai, kusen, kondisi ruangannya, dan jangan lupa cek kondisi airnya.
  7. Cek kelengkapan document rumah tersebut. Periksalah keaslian sertifikat rumah (SHM), sertifikat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), bukti Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan kemudian lakukan cross check pada semua dokumen tersebut. Apabila ternyata nama yang tertera disitu tidak sama dengan nama penjual rumah, tanyakan status hubungannya. Bila ternyata belum dilakukan proses Balik Nama, mintalah Akta Jual Beli yang sah atas rumah tersebut.

Setelah mengetahui tips membeli rumah second, sekarang pilihan tetap ada pada Anda, apakah ingin membeli rumah second atau membangun/membeli rumah baru (AS).

Print