Login


Email | Recover Password
 

Teknik Pemasangan Lampu Downlight

Teknik Pemasangan Lampu Downlight

Downlight atau Recessed Light adalah Light Fixture atau Rumah Lampu yang dipasang masuk kedalam plafon atau langit-langit pada rumah. Sinar lampu yang dihasilkan keluar dari downlight akan terfokus menyinari area di bawahnya dalam bentuk spot light.

Dalam hal ini khususnya pencahayaan pada rumah,kita menginginkan setiap sudut rumah kita terang dan ingin mengganti varian lampu yang lebih modern dari sekedar lampu Tube Lamp. Penggunaan fitting yang berada diluar kini sudah mulai ditinggalkan dan diganti dengan lampu-lampu Downlight. Lampu Downlight membuat kesan dan aksen yang lebih dramatis serta memberikan efek pencahayaan yang optimal pada ruangan sehingga menimbulkan keindahan dari setiap benda yang terkena cahayanya secara lebih mendetail. Bagi ruangan yang dipasang Downlight ini jika diaplikasikan dengan desain interior yang memiliki vocal point ( ingin menunjukan satu sudut ruangan yang ditonjolkan). Namun untuk mendapatkan fungsi tersebut diperlukan pemilihan jenis lampu yang benar. Misalnya saja, pemilihan lampu plafon downlight yang tepat akan menimbulkan suasana yang berbeda pada ruangan yang dipasangi lampu tersebut.

Untuk memperoleh pencahayaan optimal, Gunakan lampu Downlight dengan sorot yang memiliki reflektor. Gunakan lampu dengan ukuran (size) yang sesuai dengan reflektor/armature lampu yang digunakan,sesuaikan juga dengan ukuran space dalam plafon/ceilingnya. Saat ini sangat banyak model dan jenis lampu Downlight dipasaran. Dua jenis lampu Downlight yang paling banyak dipasaran adalah lampu downlight Halogen dan PLC.

Unttuk memilih jenis desain lampu Downlight yang sesuai dengan ruangan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Pada pembahasan ini akan disajikan beberapa teknik atau cara yang  terkait tentang bagaimana cara memilih desain lampu plafon downlight yang tepat agar sesuai dengan keinginan Anda beserta tekniknya.  Berikut penjelasannya:

1. Jenis model plafon

Ini adalah hal pertama yang harus Anda cek dan perhatikan dalam memilih desain lampu downlight yang tepat , karena pada setiap desain plafon mempunyai kebutuhan akan pencahayaan yang berbeda-beda sehingga akan menentukan letak lampu Downlight dan berapa banyak lampu yang akan dipasang pada area tersebut. Dengan itu Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Jenis model lampu downlight

Dengan mengetahui jenis dan model desain lampu Downlight yang akan dipasang maka nantinya akan berpengaruh pada pencahayaan yang akan didapatkan untuk sebuah ruangan sehingga akan memunculkan sisi keindahan ruangan pada siang maupun malam hari. Dengan itu setiap sisi keindahan pada sebuah ruangan akan tereksplorasi dengan baik melalui pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu Downlight yang terkesan dramatis.

Jika anda masih bingung dengan jenis atau model lampu donwlight, maka anda dapat mencoba memilih jenis lampu warm white. Cara yang cukup efektif untuk merubah suasana ruangan pada rumah Anda (pada malam hari) adalah dengan menggunakan jenis lampu ” warm white” pada Downlight anda, dimana warna ini akan memberi kesan hangat dan nyaman bagi ruangan dan tentunya untuk pandangan pada mata Anda.  Jika Anda menginginkan downlight yang juga dapat memberikan efek modern dan bergaya eksotis pada ruangan rumah Anda di siang hari, coba pilih bentuk downlight yang unik dan selaras dengan tema interior pada ruangan rumah Anda.

 

Untuk pemasangan lampu downlight sangat penting mengutamakan keselamatan pada pemasangan. Untuk keselamatan, gunakanlah isolasi untuk pembungkus kabel dengan label SNI (Standard Nasional Indonesia), agar aman dalam pemakaiannya, sehingga tidak mudah terbakar atau terbuka. Ini penting karena ternyata instalasi listrik yang tidak bagus sangat mempengaruhi umur lampu. Berikut teknik langkah-langkah cara pemasangannnya:

  1. Sediakan terlebih dahulu Downlight dan Lampu yang akan di pasang, isolasi, kabel, baut, obeng, cutter, gunting, dan lainnya.
  2. Menyiapkan gambar layout penerangan untuk instalasi seperti jumlah lampu yang akan di pasang, jarak antar titik lampu yang satu dengan yang lainnya, jarak titik lampu dengan dinding, jenis saklar (saklar ganda atau tunggal), posisi saklar,dan group penerangan.
  3. Matikan aliran listrik yang menuju lampu, jika kita kurang merasa aman gunakan tes-pen (kadang ada kebocoran arus pada kabel Grounding = tespen menyala lemah => periksa instalasi untuk memastikan)
  4. Lubangi plafon rumah anda seukuran Downlight yang Anda punya, paskan pada Downlight jangan sampai longgar ataupun kekecilan untuk lubang pada plafon.
  5. Pastikan  Downlight sudah terinstal dengan kabel lampu saklar, jangan lupa isolasi pada kabel yang terhubung antara kabel saklar dengan kabel Downlight bawaan, pastikan kabel terisolasi rapat, bila perlu lapisi kabel dengan pipa paralon kecil mencegah kabel di gerogoti binatang pengerat.
  6. Tata rapih kabel di atas plafon mencegah terjadinya konsleting listrik dan agar tidak berantakan apabila salah satu kabel rusak, mudah untuk diperbaiki.
  7. Pasang Downlight pada plafon yang berlubang, jangan lupa mengkaitkan kait bawaan Downlight agar pas dan tidak goyah, jangan lupa untuk mengunci bagian-bagian dengan baut.
  8. Setelah Downlight terpasang pasang lampu sesuai selera mode yang Anda inginkan untuk pencahayaannya.
  9. Apabila lampu sudah terpasang kini Anda test dengan menyalakan lampu lewat saklar.
  10. Lampu Downlight sudah terpasang , kini tinggal Anda menikmati suasana baru dalam segi pencahayaan pada rumah Anda.

Itulah beberapa penjelasa tentang lampu Downlight dan teknik pemasangannya. Semoga Bermanfaat (AR)

Print