Login


Email | Recover Password
 

Teknik Pemasangan Batu Koral

Teknik Pemasangan batu koral di lantai yang menghubungkan carport dan teras

Teknik Pemasangan Batu Koral

Berikut tahap teknik pemasangan batu koral pada rumah atau sebagai penghubung jalan atau sejenisnya :

  • Persiapan Media Awal

Persiapkan media awal untuk ditaburi batu koral. Media ini bisa berupa lantai dirumah Anda  seperti lantai carport, garasi, lantai teras atau lantai tangga. Sebelum permukaan di berikan semen, ada baiknya permukaan di buat kasar terlebih dahulu agar adonan semen dengan bidang lantai dapat menyatu dan merekat sempurna bila sudah mengering. Sesudah itu Anda juga harus menyediakan bahan-bahan untuk pembuatan dan desain yang Anda inginkan.

 

  • Membuat Cetakan

Cetakan ini berguna agar motif yang Anda inginkan dapat sesuai dengan ukuran permukaan bidang pada lantai. Cetakan ini bisa terbuat dari apa saja, seperti dari balok kayu atau terbuat dari besi. Sebelum adonan semen di tuangkan pada cetakan tersebut ada baiknya cetakan sebelum di aplikasikan, terlebihdahulu di lumuri dengan oli ataupun minyak goring agar apabila adonan semen sudah agak mongering Anda mudah untuk melepaskannya dan adonan semen pun tidak terbawa ataupun tercungkil.

  • Adonan Semen 

Semen sebagai bahan perekat koral haruslah proporsional komposisinya. Campurannya adalah adonan semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 1. Tambahkan air hingga adonan semen dan pasir merata secara menyeluruh, adonan tersebut pas seperti adonan plesteran tembok yang pada umumnya.

  • Menuangkan Adonan Semen

Tuangkan adonan semen kedalam cetakan, padatkan dan ratakan jangan sampai keluar batas cetakan ataupun kurang. Hal ini sangat penting agar dasar koral sikat ini kokoh dan tidak berongga. Ada baiknya cara menuangkannya secara perlahan-lahan.  

 

  • Menata dan Menyusun Koral

Setelah adukan semen merata dalam bidang cetakannya, barulah kita tata dan menyusun koralnya berdasarkan desain yang Anda inginkan. Untuk peletakannya mulailah dari tepi cetakan  kemudian berlanjut ke tengah secara tersusun rapih. Bila motif koralnya kecil-kecil bisa langsung ditaburkan kedalam cetakan, taburkan secara menyebar, kemudian diratakan agar semuanya menempel pada semen. Jika semua koral sudah tertempel rata dan rapih, tekanlah koral tadi secara bersamaan secara perlahan agar posisi koral benar-benar pas menempel pada permukaan semen agar hasil permukaan koral sikat merata. Untuk meratakannya Anda bisa gunakan secara manual dengan menggunakan jari-jari Anda, selain itu triplek atau papan kayu juga bisa untuk pengaplikasian meratakan batu koral. .

  • Menyikat Batu

Jika semua sudah tertempel, tunggulah hasil perpaduan koral dan semen yang terpasang setengah kering atau kurang lebih setengah hari, lalu sikat dengan menggunakan sikat kawat agar permukaan batu koral bagian atas terlihat jelas dan bersih kembali serta tidak ada lagi semen yang menutupi batu-batu koral tersebut. Untuk menyikatnya  janganlah terlalu keras dan menekan kuat saat menyikatnya karena akan membuat beberapa koral terlepas dan terpendam kedalam mengingat hasil yang baru setengah kering. Apabila terlepas dan terpendam , kemungkinan agak susah mengembalikannya mengingat semen sudah setengah kering dan hasilpun menjadi agak berantakan.

  • Bersihkanlah Permukaan

Setelah semua bidang Anda disikat, kemudian bersihkan dengan lap basah agar warna koral hias kelihatan dan bersih. Setelah itu kita tinggal tunggu sampai mengering. Untuk hal ini biasanya memakan waktu sekitar 1 hari. Setelah hasilnya benar-benar kering Anda bisa lepaskan dari cetakannya.

 

  • Membersihkan Permukaan Batu

Supaya permukaan batu koral bisa awet dan tahan terhadap debu dan lumut, bersihkan dengan cairan coating dengan perbandingan 1 liter untuk 6 meter permukaan batu koral. Anda juga bisa membersihkannya dengan cara rutin menyikat apabila sehabis hujan ataupun bila banyak debu daengan cara menggosok permukaan dengan air dan larutan sabun atau pembersih lantai untuk mencegah lumut yang berkembang.

 

Itulah Pembahasan Seputar Teknik Pemasangan Batu Koral Yang Bisa Anda Apikasikan. Semoga Bermanfaat (AR)

 

Print