Login


Email | Recover Password
 

Teknik Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

teknik membuat rumah sejuk tanpa ac

Teknik Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Kebanyakan orang menganggap, sangat tidak mungkin untuk membuat hunian yang sejuk tanpa disertai adanya air conditioner(AC) / pendingin ruangan. Padahal dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar lingkungan disekitar, rumah atau hunian kita akan terasa lebih sejuk secara alami, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Lalu apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk menyejukkan sebuah hunian tanpa AC?  Bagaimana Teknik Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC ?? Mari kita bahas penjelasannya :

1. Menetralisir Sinar Matahari

Paling mendasar yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesejukan udara didalam rumah tanpa menggunakan AC adalah menjaganya agar tidak terlalu banyak sinar matahari yang masuk dan membuat udara semakin sejuk masuk saat malam hari. Pada waktu siang hari, tutup atau buka sedikit saja jendela, tirai, atau apa saja yang bisa digunakan untuk menetralisir sinar matahari masuk kedalam rumah, terutama sisi timur dan barat rumah Anda. Bila Anda memiliki teras atau balkon, Anda bisa memasang sebuah tirai atau penahan sinar supaya teriknya matahari tidak masuk langsung ke hunianan/rumah.

 

2. Penyesuaian Jendela Rumah

Pada jendela rumah,gunakanlah  warna-warna cerah atau warna netral seperti putih di jendela atau beserta aksesorisnya, sehingga sinar matahari terpantul keluar rumah. Anda juga bisa menggunakan lapisan pemantul ke jendela untuk mengurangi sinar matahari yang masuk kedalam rumah. Pada malam hari, biarkanlah rumah Anda terhubung dengan udara luar jika memungkinkan, tanpa harus mempertaruhkan risiko keamanan, karena menutup jendela sebagai jalan keluar ke udara bebas akan membatasi sirkulasi udara dan menyimpan panas dalam hunian. Ada baiknya lengkapi jendela rumah Anda dengan trails besi untuk mendukung keamanan rumah pada saat jendela rumah Anda di buka.

.

3. Siasati Kipas Angin Menjadi AC Buatan

Pada siang hari, jika cuaca diluar sangat terik dan membuat dalam rumah terasa sangat panas, Gunakanlah wadah untuk meletakan bongkahan es batu atau botol air mineral yang airnya di bekukan, lalu letakan di depan kipas angin Anda.Hal tersebut membuat angin yang dihasilkan kipas terasa sangat sejuk.

 

4. Matikan Lampu Rumah Jika Tidak di Gunakan

Matikanlah lampu saat tidak digunakan di siang hari, lampu yang menyala pada siang hari, akan membuat dalam rumah Anda berhawa panas, gunakan lampu seperlunya dan sesuaikan dengan kondisi luar rumah.

 

5. Gunakan Genteng

Hal selanjutnya untuk mensiasati rumah agar sejuk tanpa menggunakan AC  adalah gunakan genteng pada atap rumah Anda. Pada dasarnya genteng sangat efektif menahan atau menyerap terpaan sinar matahari yang panas, dari pada menggunakan asbes yang tipis.Dengan menggunakan genteng, sinar matahari yang dating akan di minimalisir sehingga, hawa di dalam rumah pun tidak terlalu panas dan masi terasa sejuk.

 

6. Tata Letak Landscape

Tata Letak Landscape perlu di perhatikan juga seperti pepohonan yang ada di sekitar lingkungan rumah. Bila mempunyai pohon yang rindang, jangan tebang pohon yang sudah ada tersebut kecuali jika memang sangat terpaksa dan membahayakan rumah. Tanamlah pohon-pohon yang kokoh, lalu tanamlah tanaman menjalar yang menyejukkan dinding luar rumah. Hindarkan penggunaan bebatuan yang bisa menyerap panas, seperti semen dan aspal, yang terlalu dekat dengan hunian, bila perlu aplikasikan dengan rumput atau tanaman yang merambat.

 

7. Kolam Sebagai Nilai Estetika dan Menyejukan

Unsur air dalam sebuah hunian selain menambah estetika, juga bisa digunakan untuk memberi kesan sejuk. Alami dan fresh. Akan lebih baik lagi jika di sekitar kolam  ditanami tetumbuhan dan rumput yang bisa menyerap panas. Angin yang berhembus ke permukaan air pun akan memberikan hawa sejuk tanpa menggunakan AC lagi.

Demikian  pembahasan mengenai Teknik Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC , semoga memberikan inspirasi untuk Anda dan Anda aplikasikan dirumah. (AR)

 

Print