Login


Email | Recover Password
 

Sebelum memiliki Rumah Idaman

Real estate theme, vertical view Tags: ,

 

Memiliki sebuah rumah merupakan asset yang sangat berharga dan juga merupakan tolok ukur kesuksesan dan kebanggaan seseorang. Kita semua pastilah menginginkan sebuah rumah idaman yang berfungsi sebagai tempat berlindung dan tempat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan kondisi yang bersih, tertata dan nyaman.

Tetapi, ada satu hal yang harus kita pertimbangkan sebelum kita memiliki rumah idaman, yaitu biaya yang harus dikeluarkan untuk memilikinya. Ada beberapa pertimbangan dari segi biaya sebelum kita merealisasikan keinginan memiliki rumah idaman melalui dua cara berikut ini :

1. Membeli rumah jadi ( baru / second ) opsi ini lebih ringan dari segi pembiayaan karena bisa dibantu oleh pihak ketiga / bank untuk menutupi kekurangan biaya pembelian rumah. Awalnya kita hanya menyediakan uang muka dan sisanya bisa diselesaikan dengan mengangsur di bank yang memberikan fasilitas kredit KPR.

  • Kelebihan : Tidak perlu repot mengenai desain, rumah siap ditempati, proses cepat dan kebutuhan dana cash yang relatif kecil.
  • Kekurangan : Terikat dengan pihak bank selama masa KPR, Tidak tahu pasti kualitas bangunannya dan terkadang memerlukan renovasi karena tidak sesuai dengan selera ataupun keperluan.

2. Membangun rumah sendiri. Pilihan ini cocok bagi mereka yang memiliki dana berlebih karena diperlukan proses yang panjang, dimulai dari mencari lokasi tanah, membeli tanah, merancang desainnya, estimasi biaya, menentukan kontraktor pelaksana dan proses pengawasan hingga selesai untuk siap ditempati. Tetapi apabila hanya memiliki dana yang terbatas maka akan lebih repot lagi untuk memahami seluk beluk bangunan karena diperlukan banyak pertimbangan untuk memangkas biaya untuk mewujudkan rumah idaman yang terjangkau.

  • Kelebihan : Desain sesuai selera, kualitas bangunan dapat ditentukan sendiri dan tidak terikat dengan pihak bank / KPR
  • Kekurangan : Kebutuhan dana dapat semakin membengkak, proses lama dan butuh terlibat dalam proses pembangunan tiap harinya.

Berarti sebelum kita memutuskan memiliki rumah idaman, diperlukan suatu kemampuan untuk menyesuaikan keinginan kita dan kemampuan biaya yang tersedia. Peran pengendalian emosi juga sangat berpengaruh dalam hal ini agar nantinya tidak menjadi kendala selama proses rumah idaman tersebut menjadi milik kita seutuhnya. Selamat memiliki rumah idaman !

Print