Login


Email | Recover Password
 

Sebelum Beli, Perhatikan Metode Perhitungan Suku Bunga Sistem Angsuran KPR Konvensional

Sebelum Beli, Perhatikan Metode Perhitungan Suku Bunga Sistem Angsuran KPR Konvensional

Pada setiap Bank yang menawarkan produk (KPR) Kredit Pemilikan Rumah pasti selalu mempromosikan suku bunga yang paling rendah. Bahkan sempat terjadi perang suku bunga antar Bank demi mendapat perhatian konsumen / masyarakat yang ingin memiliki rumah impian. Tetapi, ada hal lain yang sebaiknya perlu diperhatikan pada saat ingin mengajukan / mengambil (KPR) Kredit Pemilikan Rumah, yaitu dengan metode perhitungan suku bunga yang diterapkan sebelumnya.

 

Sebaiknya sebelum Anda melaju ke dalam metode perhitungan suku bunga, harus benar-benar dipahami bahwa angsuran (KPR) Kredit Pemilikan Rumah yang Anda bayarkan di setiap bulannya terdiri dari dua unsur, yakni angsuran utang pokok dan pembayaran suku bunga kepada Bank.Dari dasar-dasar tersebut, terdapat tiga metode perhitungan suku bunga yaitu :

 

Metode Pertama, Metode Flat. Metode ini menjelaskan, besaran suku bunga yang telah diterapkan Bank sebagai kreditor dikalikan utang pokok pinjaman awal debitur, walaupun Anda sudah mengangsurnya bertahun-tahun. Misalnya, Anda meminjam Rp 600 juta selama 120 bulan. Bunga KPR adalah metode bunga flat sebesar 5.37% per tahun.

 

Metode Kedua, Metode Efektif. Beda halnya dengan metode pertama yaitu flat, di dalam metode efektif, suku bunga yang harus dibayarkan pada setiap bulannya harus sesuai dengan utang pokok pinjaman bulan sebelum-sebelumnya, yang tentunya telah berkurang karena Anda telah mengangsurnya. Contohnya, jika Anda meminjam sebesar Rp 600 juta selama 120 bulan (10 tahun) dengan bunga sebesar  10% per tahun.

 

Metode Ketiga adalah Metode Anuitas, Metode Anuitas merupakan modifikasi dari metode efektif dan flat. Efek yang ingin dicapai dari metode anuitas ini adalah supaya jumlah cicilan tiap bulan tetap. Sedangkan, bunga per bulan menurun seiring waktu. Misalnya Anda meminjam sebanyak 600 juta selama 120 bulan dengan bunga 10% per tahun.

Di setiap metode dan sifat, memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Oleh karena itu Anda harus mengerti benar-benar dengan kondisi keuangan dan sifat pribadi.

 

Dengan demikian,Sebelum Beli, Perhatikan Metode Perhitungan Suku Bunga Sistem Angsuran KPR Konvensional sebelum mengambil sebuah (KPR) Kredit Pemilikan Rumah,Pilihlah Bank yang tepat dan mau menjelaskan secara detail mengenai metode-metode dan sifat suku bunga yang ditawarkan, serta memberikan kemudahan-kemudahan.Hal ini akan memudahkan Anda dalam memilih rumah berdasarkan penghasilan atau harga rumah.(AR)

Print