Login


Email | Recover Password
 

Pilih Apartemen Atau Rumah

apartemen atau rumah

Bicara soal tempat tinggal, pasti dianta Kita masih ada yang bingung menentukan untuk membeli rumah atau apatemen. Banyak yang berpendapat bahwa apartemen lebih praktis, tapi ada yang berpendapat bahwa apatemen itu banyak aturan, dll. Akan tetapi dari beberapa pendapat ada benar nya juga. Daripada Kita jadi lebih bingung lagi, yuk kita simak kelebihan dan kekurangan rumah dan apartemen yang dilihat dari beberapa faktor.

  1. Harga
  2. Dari faktor harga bisa di bilang harga apartemen kebanyakan lebih mahal dibanding dengan harga rumah. Walaupun sekarang ada beberapa apartemen yang harganya bersaing dengan harga rumah dan apartemen sendiri masih ada biaya tambahan diluar harga sewa atau beli yang wajib dibayarkan.

  3. Lokasi
  4. Lokasi merupakan hal yang cukup penting bagi sebagian orang yang ingin membeli hunian, terutama para pekerja di kota-kota besar. Jika Anda salah satunya, maka apartemen lah yang cocok untuk Anda, karena kebanyakan apartemen berdiri di dekat perkantoran, pusat kota dan tempatnya pun strategis.

  5. Kenyamanan dan Kepuasan
  6. Dalam hal kenyaman dan kepuasan, rumah lebih unggul dibanding apartemen. Selain lebih luas, kita pun bebas merubah total bentuk bangunan rumah tersebut sesuai kehendak, berbeda dengan apartemen yang bentuk nya tidak boleh di ubah oleh penghuninya dan luasnya pun lebih sempit.

  7. Investasi
  8. Untuk investasi dua-duanya sama menguntungkan. Tetapi di kota besar akan lebih menguntungkan apartemen, karena orang-orang disana banyak yang sibuk sehingga mencari hunian yang dekat dengan tempat kerjanya dan mereka  lebih suka tinggal di apartemen. Berbeda dengan di lokasi-lokasi satelit atau pendukung seperti Depok, Bekasi, Bogor dan lainnya, masyarakat disana lebih suka tinggal di rumah dibandingkan di apartemen.

  9. Privasi
  10. Terkadang memang Kita butuh privasi untuk mencari ketenangan, tanpa merasa terganggu oleh tetangga, bukan berati Kita enggan bersosialisasi dan tidak mau bergaul. Jika itu yang Anda cari apartemen lah jawabannya, karena kebanyakan yang tinggal di apartemen kebanyakan orang-orang yang sibuk dengan “dunianya” masing-masing, jadi tingkat sosialnya pun rendah. Berbeda dengan rumah yang tingkat sosialnya masih tinggi.

  11. Fasilitas
  12. Dilihat dari fasilitasnya, yang paling lengkap adalah apartemen. Namun dibalik kelengkapan fasilitasnya dibutuhkan biaya tambahan untuk itu. Rumah pun demikian apabila ingin fasilitas yang lebih, kita pun butuh biaya tambahan bukan ?!.

  13. Kemanan
  14. Keaman pun apartemen masih juaranya, selain hanya orang tertentu saja yang bisa masuk, apartemen pun sekarang sudah menggunakan 24 cctv, security, dan kartu akses. Walaupun di perumahan mewah dan elite kita bisa mendapatkan cctv dan security, tapi tingkat keamannya masih kalah dengan apartemen.

  15. Perawatan
  16. Dalam hal perawatan, perawatan rumah lebih terkesan sulit ketimbang apartemen, mulai dari mengecat tembok yang terkelupas, mengganti genteng yang bocor, sampai kegiatan membersihkan rumah sehari-hari, sehingga lebih banyak menyita waktu Anda. Berbeda dengan apartemen Karena luas rumah yang lebih besar daripada apartemen, membuat semuanya lebih mudah dan cepat.

  17. Legalitas
  18. Legalitas merupakan hal yang sangat vital dalam membeli sebuah property. Termasuk dalam membeli rumah atau apartemen. Dalam hal ini legalitas bisa diartikan sebagai tanda bukti bahwa property tersebut milik kita. Untuk apartemen sendiri kebanyakan menggunakan  HGB yang masa berlaku nya kurang lebih 30 tahun dan bisa di perpanjang lagi 20 tahun. Sedangkan rumah pun ada yang HGB dan ada pula SHM, tetapi lebih banyak yang SHM. SHM sendiri merupakan tanda bukti yang paling kuat diantara yang lainnya, dan masa berlakunya pun selamanya.

Hal diatas merupakan beberapa faktor yang dapat menjadi bahan pertimbangan jika Anda sedang bingung mencari hunian baik itu rumah maupun apartemen. (AS)

Print