Login


Email | Recover Password
 

5 Jenis Pewangi Alami Untuk Pengharum Ruangan

1

Siapa yang tidak suka jika ruangan bersih dan harum? Tentunya kondisi ruangan juga berpengaruh mood seseorang. Ruangan yang bersih akan membuat kita merasa nyaman dan rileks. Banyak orang yang menambahkan pengharum ruangan sebagai salah satu faktor relaksasi dan juga udara ruangan yang bersih.

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk membuat pengharum ruangan

Berbagai bahan alami seperti jeruk, kayu manis, cengkeh, lemon, jeruk nipis, rosemary, ekstrak vanila, timi, mint, jahe, ekstrak almond, daun pinus atau ranting cemara, daun salam, dan biji pala bisa jadi alternatif untuk pengharum ruangan yang alami dan bebas bahan kimia. Seperti yang dilansir dari richtonparklibrary.org, dari bahan-bahan tersebut, kita dapat membuat pengharum ruangan alami yang aman bagi kesehatan dengan 5 aroma yang berbeda.

Berikut ini lima jenis pewangi alami yang bisa Anda racik sendiri untuk membuat rumah jadi lebih semerbak.

1. Jeruk, kayu manis, cengkeh

Siapkan jeruk, kayu manis (cinnamon), dan cengkeh. Iris satu buah jeruk tipis-tipis. Masukkan irisan jeruk secukupnya ke dalam toples. Lalu, masukkan kayu manis, cengkeh dan air. Anda boleh menggunakan kayu manis berbentuk batang ataupun bubuk. Aroma ini dapat mengharumkan beberapa ruangan sekaligus dibandingkan dengan aroma lainnya.

 

2.  Lemon, rosemary, vanilla

Siapkan lemon, rosemary, dan ekstrak vanila. Iris lemon tipis-tipis, lalu tambahkan rosemary, cengkeh, dan air ke dalam toples. Anda tidak perlu memberi ekstrak vanila terlalu banyak sehingga wangi yang dihasilkan menyegarkan.

 

3.  Jeruk nipis, mint, vanilla

Siapkan jeruk nipis, thyme, mint dan ekstrak vanila. Iris jeruk nipis tipis-tipis, lalu tambahkan thyme, ekstrak vanila, mint, dan air. Sama seperti aroma ke-2, Anda tidak perlu menggunakan ekstrak terlalu banyak sehingga wangi yang dihasilkan menyegarkan.

4. Jeruk, jahe, almond

Sediakan jeruk, jahe (baik berbentuk utuh atau bubuk), dan ekstrak almond. Iris jeruk dan jahe tipis-tipis, lalu masukkan irisan tersebut serta ekstrak almond dan air ke dalam toples. Wangi yang dihasilkan akan terasa manis.

5. Daun pinus, daun salam, biji pala

Sediakan daun pinus, daun salam, dan biji pala. Gabungkan semua bahan dan air ke dalam toples. Jika Anda menggunakan biji pala utuh, maka Anda harus mengupas kulitnya untuk mengeluarkan aroma pala yang unik.

 

Simpan toples-toples tersebut di lemari es selama 1-2 minggu (toples ini juga dapat dibekukan selama satu bulan). Bila sudah siap untuk digunakan, biarkan mencair selama 12 jam. Pastikan Anda menggunakan toples yang aman untuk freezer. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah menghangatkan toples-toples tersebut hingga aroma dari dalam toples keluar seutuhnya.

Print