Login


Email | Recover Password
 

Jenis Tanaman Outdoor Untuk Rumah Beserta Manfaatnya

Jenis Tanaman Outdoor Untuk Rumah Beserta Manfaatnya.

Tanaman sangat berperan memberikan kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi penghuni rumah. Terlebih jika kita tinggal di perkotaan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi. Di tempat semacam ini taman dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

Seperti apa saja jenis tanaman rumah yang cocok dan bermanfaat untuk kita tanam di halaman rumah maupun di pekarangan rumah??

Beberapa contoh jenis tanaman yang cocok untuk anda tanam di halaman rumah maupun pekarangan rumah diantaranya

1. Bunga Kamboja

Warna-warni bunga pohon kamboja sangat cocok untuk ditanam di depan halaman rumah guna menambah keindahan rumah Anda.

2. Pohon Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah dapat membuat suasana taman minimalis Anda tampak hijau dan asri. Tanaman ini juga bisa menyerap polutan yang mencemari udara di sekitar rumah Anda.
Anda dapat menanam tanaman pucuk merah sebagai border atau pembatas jalur hijau.

3. Pohon Mangga

Jika Anda memiliki halaman yang cukup luas, maka menanam pohon mangga bisa menjadi solusi mengurangi panasnya sinar matahari.

4. Pohon Bambu Hias

Keunikan pohon bambu dan manfaat yang dihasilkan membuatnya disukai untuk ditanam di halaman atau di pekarangan rumah.
Bila Anda ingin menanam pohon bambu, pilihlan jenis bambu hias.

5. Tanaman Kuping Gajah

Tanaman ini memiliki daun yang lebar – lebar dan juga memiliki tulang daun yang besar. Bentuknya yang lebar inilah yang menyebabkan tanaman daun ini dikenal dengan nama kuping gajah, karena terlihat seperti kuping gajah apabila dilihat secara kasat mata. Kuping gajah cocok sebagai salah satu jenis tanaman daun indoor, Tetapi Bisa Juga menjadi tanaman jenis Outdoor karena tidak membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Bisa Anda letakkan di teras rumah, ataupun di bagian belakang rumah Anda.

Beberapa manfaat adanya tanaman di lingkungan rumah Anda adalah sebagai berikut :

1. Menghasilkan oksigen untuk bernafas. Tanaman hijau merupakan penghasil oksigen terbesar untuk kehidupan di bumi ini. Dengan melakukan penanaman pohon maka jumlah karbondioksida di sekitar pohon itu akan berkurang yang berarti juga mengurangi polusi yang dapat menyebabkan pemanasan global.

2. Mengurangi Kebisingan. Penanaman tanaman di sekeliling pagar merupakan solusi praktis untuk rumah yang berada di pinggir jalan atau di daerah yang selalu ramai dan padat dengan aktifitas kendaraan bermotor, karena tanaman tersebut dapat meredam suara bising yang dihasilkan dari suara kendaraan dan mampu menyaring debu yang masuk ke dalam rumah, sehingga rumah Anda akan selalu bersih. Jenis tanaman yang cocok ditanam untuk kondisi ini adalah tanaman dari jenis semak.

3. Pendingin Alami. Jenis tanaman rambat dapat digunakan sebagai penutup dinding rumah yang bersentuhan langsung dengan cahaya matahari. Sinar matahari langsung akan membuat suhu di dalam rumah meningkat, oleh karena itu menanam tanaman rambat dengan ketebalan kurang lebih lima sentimeter mampu meredam panas yang masuk ke dalam rumah, sehingga kerja pendingin ruangan tidak terlalu berat dan juga menghemat penggunaan listrik.

4. Menyimpan Air Tanah. Air hujan yang jatuh langsung ke tanah akan hilang begitu saja jika tidak ada akar tanaman yang mengikatnya. Dengan curah hujan yang tidak menentu dan musim kemarau yang semakin sulit ditebak, Anda dapat mensiasati ketersediaan air dengan menanam tanaman di pekarangan. Lahan tersisa di rumah dapat diubah menjadipenampung air alami.

 

Itulah beberapa jenis contoh tanaman outdoor yang sering di tanam di halaman rumah beserta manfaatnya.

Semoga Artikel ini Bermanfaat~ (R.Teguh)

 

Print