Login


Email | Recover Password
 

Mengatasi Rumah Pengap Akibat Sirkulasi Udara Yang Kurang Tepat

Mengatasi Rumah Engap Akibat Sirkulasi Udara Yang Kurang Tepat

Sirkulasi udara adalah proses pergantian udara di ruangan dengan memasukkan udara dari luar dan membuang udara di dalam ruangan.

Jika rumah anda dalam pembuatan ventilasi udara yang kurang tepat dapat membuat nafas sesak atau engap akibat proses sirkulasi udara yang kurang baik.

Apalagi asap dapur sangat berpengaruh terhadap kesehatan pernapasan kita.

Lalu apa yang harus kita perhatikan agar sirkulasi udara di rumah kita dapat berfungsi mengalirkan udara dari luar ke dalam ruangan dan sebaliknya sehingga terjadi pergantian udara yang sehat untuk Kita hirup??

beberapa hal yang perlu Kita perhatikan saat membuat ventilasi udara:

  • Volume dan kualitas udara luar yang dapat masuk melalui ventilasi. Ventilasi yang baik tidak hanya dapat mengalirkan, tapi sebaiknya bisa menyaring udara juga.
  • Arah pergerakan udara, sebisa mungkin dari area yang bersih ke area yang kotor.
  • Udara dari luar harus dapat masuk ke tiap ruangan, menggantikan polusi yang terjadi di dalam rumah.
  • Luas dan jumlah ventilasi ini juga harus memperhatikan luas, bentuk, dan jumlah ruangan, jumlah orang yang berada dalam bangunan, jenis dan jumlah perabot di dalam ruangan.
  • Bila rumah anda memiliki halaman, ada baiknya anda menanam jenis tanaman yang dapat membantu membersihkan udara di dalam rumah.

Contoh Jenis Tanaman Pembersih Udara :

1. Lidah Buaya

2. Lidah Mertua / sanseviera

3. Sirih Gading

4. lili

5. pakis.

Ventilasi yang baik dalam ruangan harus memenuhi syarat-syarat, antara lain :

1. Luas lubang ventilasi tetap (permanen) minimal 5% dari luas lantai ruangan dan luas lubang ventilasi insidentil yaitu ventilasi yang dapat dibuka dan ditutup minimal 5% dari luas lantai, sehingga luas ventilasi permanen dan isedentil adalah 10% dari luas lantai ruangan.

2. Udara yang masuk ke dalam ruangan harus udara yang bersih, tidak dicemari oleh asap dari sampah. pabrik, knalpot, debu dan lain-lain.

3. Udara diusahakan mengalir secara cross ventilation yaitu dengan menempatkan lubang hawa yang saling berhadapan antara dua dinding ruangan

 

Itulah beberapa referensi untuk membuat ventilasi udara agar sirukulasi udara yang masuk dan keluar ruangan dapat membuat ruangan rumah menjadi sehat, sejuk dan nyaman.

Semoga Bermanfaat ~ (R.Teguh)

Print